Infaq adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Amalan ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Misalkan ada pengamen di jalan dan kita memberikan uang untuknya itu merupakan bagian dari infaq. Infaq sendiri berasal dari kata anfaqa yang berarti membelanjakan atau membiayai yang berhubungan dengan usaha realisasi perintah-perintah Allah SWT.ADVERTISEMENTSedangkan kata infaq menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemberian (sumbangan) harta dan sebagainya (selain zakat wajib) untuk kebaikan. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat pengertian infaq adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Jenis-Jenis Infaq dalam Agama Islam

Perintah untuk melakukan infaq sendiri terdapat dalam Alquran yaitu surat Ali-Imran ayat 133 – 134. Infaq sendiri terdapat beberapa jenisnya berdasarkan hukumnya. Pertama ada infaq mubah dimana infaq ini dikeluarkan untuk perkara mubah seperti berdagang dan bercocok tanam. Kedua ada infaq wajib dimana infaq ini dikeluarakn untuk perkara yang wajib misalnya membayar mahar, menafkahi istri, dan lain sebagainya. Ketiga ada infaq haram dimana infaq menjadi haram ketika tujuan dari infaq juga diharamkan oleh Allah SWT. Dan yang terakhir ada infaq sunnah dimana infaq ini sunnah Ketika bertujuan untuk berinfaq kepada mereka yang membutuhkan.ADVERTISEMENT

Manfaat dan Keutamaan Infaq

Infaq sendiri memiliki banyak manfaat dan memiliki ganjaran yang besar dari Allah SWT Ketika kita melakukannya dengan ikhlas. Keutamaan yang pertama adalah kita akan didoakan oleh malaikat setiap pagi dan sore. Malaikat akan berdoa pada Allah agar kita diberikan ganti atas infaq yang kita berikan. Keutamaan yang kedua kita akan diberi kemudahan dalam hal rezeki. Karena dengan beinfaq akan membuka pintu rezeki kita. Keutamaan yang ketiga adalah dengan berinfaq akan membersihkan harta yang kita miliki meskipun kita selalu berinfaq tidak akan membuat kita menjadi miskin. Keutamaan yang keempat adalah dengan berinfaq akan mendatangkan kebaikan serta menutup pintu keburukan. Keutamaan yang terakhir adalah menyembuhkan dari penyakit.ADVERTISEMENTItulah pengertian mengenai infaq dan berbagai keutamaannya semoga kita senantiasa selalu berinfaq dan memberikan manfaat bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

Get 20% Discount

Sign up to receive updates, promotions, and sneak peaks of upcoming products. Plus 20% off your next order.

Promotion nulla vitae elit libero a pharetra augue
Open chat
1
Assalamualaikum..
Kami WA Center Mitra Zakat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?